Panel Listrik Direct On Line

Panel Listrik Direct On Line

panel-direct online-dol

Panel Listrik Direct Online atau DOL

Rangkaian listrik direct online atau yang biasa disebut dengan rangkaian DOL ini merupakan sistem pengendali yang paling mendasar pada dunia pengendali motor dengan listrik 3 fasa. Di dalam rangkaian panel listrik direct

online terdapat dua komponen atau bagian penting yaitu yang pertama adalah rangkaian daya yang merupakan jalur utama dari tegangan motor mulai dari 220 v, 380 v, sampai dengan 660 v dan bahkan mencapai 6,6 kv. Kabel yang digunakan sebagai penghubung tegangan dari sumber listrik melalui sebuah pengaman yang berupa MCB dan kemudian melalui sebuah kontak utama dari kontraktor magnet. Yang kedua yaitu rangkaian control yang berfungsi untuk mengatur kinerja dari rangkaian panel DOL. Dalam rangkaian control sendiri memiliki beberapa komponen yang terdiri dari push button, kontator magnet, TOR, MCB, dan lain-lain. Tegangan yang biasanya digunakan pada rangkaian control yaitu 220 v atau 1 fasa.

Komponen penunjang dari panel listrik direct online atau rangkaian DOL ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  • Pengaman atau circuit breaker yang harus selalu dipasang disetiap urutan pemasangan. Pengaman tidak boleh sampai melebihi arus dari nominal kabel yang sudah dipasang dirangkaian pengawatan.
  • Kontak magnet atau kontraktor, merupakan sakelar yang kerjanya berdasarkan dari elektromagnetis yang digunakan untuk membuka serta menyambungkan rangkaian listrik.
  • Push button atau tombol tekan yang bekerja pada saat tombol ditekan dan merubah kontak NO menadi NC serta sebaliknya.
  • Time delay merupakan sakelar yang digunakan untuk penunda waktu sebagai bagian dari alat bantu system pengendali.
  • Themal overload relay atau yang disingkat menjadi THOR ini merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengontrol listrik. THOR akan memutuskan jaringan listrik jikalau terjadi beban yang terlalu tinggi.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai panel listrik direct online ataupun yang biasa dikenal sebagai rangkaian DOL. Setelah dijelaskan beberapa komponen dari rangkaian tersebut, semoga dapat memberikan pengetahuan lebih dan bisa menjadi bahan acuan yang bermanfaat dalam menyusun sebuah rangkaian panel listrik untuk berbagai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *